Peluang Kerja Fisioterapi

Peluang Kerja Fisioterapi - Hallo sahabat berita terbaru Indonesia, Pada sharing berita terbaru kali ini yang berjudul Peluang Kerja Fisioterapi, saya telah menyediakan berita lengkap dengan lengkap dari awal lagi sampai akhir . mudah-mudahan isi postingan berita terbaru yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia berita terbarunya.

Penyanyi : Peluang Kerja Fisioterapi
Judul : Peluang Kerja Fisioterapi

lihat juga


Peluang Kerja Fisioterapi




Anda punya problem gerak? Bagian tubuh Anda mengalami kekakuan untuk bergerak seperti kaku di leher?Atau Anda merasakan nyeri di bagian tubuh tertentu di saat bergerak, pinggang atau persendian misalnya?

Pernah mendengar istilah fisioterapi atau fisioterapis?

Secara kasar dan gampang, fisioterapis atau yang di beberapa negara disebut juga sebagai kinesiterapis adalah salah satu profesi medis yang dapat langsung menangani pasien yang mengalami problema gerak, dengan maupun tanpa rujukan dokter.

Dalam definisi yang lebih lengkap(keputusan Menkes RI no 778 tahun 2008) fisioterapi adalah suatu pelayanan kesehatan yang ditujukan untuk individu dan atau kelompok dalam upaya mengembangkan, memelihara, dan memulihkan gerak dan fungsi sepanjang daur kehidupan dengan menggunakan modalitas fisik, agen fisik, mekanis, gerak, dan komunikasi.

Fisioterapi dapat melatih pasien dengan olahraga atau latihan gerak khusus, penguluran dan bermacam-macam teknik termasuk penggunaan panas, krioterapi (dingin), elektroterapi, hidroterapi, ultrasonografi dan menggunakan beberapa alat khusus untuk mengatasi masalah yang dihadapi pasien yang tidak dapat diatasi dengan latihan-latihan fisioterapi.



14023931051298645254
Sumber: Latihan Lutut Paska Operasi TKR (Total Knee Replacement) (dok. F.R. Suwarti)


Di Indonesia sendiri dikenal paling tidak lima bidang peminatan atau spesialisasi dalam ilmu fisioterapi yaitu pediatriyang berfokus pada anak-anak, ortopedi yang berhubungan dengan gangguan pada sistem muskuloskeletal (otot dan kerangka), olah raga yang berfokus individu yang aktif secara fisik, neuromuskuler yang terkait dengan gangguan pada sistema syaraf dan otot, kardiopulmunal yang terkait dengan gangguan jantung dan paru-paru, dansistem integument yang berhubungan dengan kulit. Beberapa bidang spesialisasi lainnya juga mulai berkembang di negara kita, seperti fisioterapi geriatri yang mem-fokus pada gangguan gerak yang disebabkan oleh proses penuaan.

Konon adalah "Bapak Kedokteran Barat" sendiri, yaitu Hippokrates yang memelopori terapi melalui pemijatan, latihan gerak maupun hidroterapi untuk penyembuhan pada sekitar 460 tahun sebelum masehi. Fisioterapi moderen sendiri dipelopori oleh Elizabeth Kenny, seorang perawat asal Australia yang menggagas terapi dengan latihan gerak untuk melawan penyakit polio di tahun 1910 di saat vaksin polio belum populer.






Sumber: Profesor Fisioterapi dari Korea Selatan Memperagakan Penanganan Gangguan Gerak pada Leher (dok. F.R.Suwarti)



Pendidikan di IndonesiaTepat 46 tahun yang lalu, 10 Juni 1968, atas prakarsa Prof Dr R Soeharso didirikanlah Ikatan Fisioterapi Indonesia (IKAFI) sebagai sebagai wadah profesi fisioterapi di Indonesia yang dikemudian hari singkatannya berubah menjadi IFI.


Fisioterapi di Indonesia sendiri sudah dirintis jauh sebelum itu, yaitu sejak jaman perang kemerdekaan. Di tahun 1945 Prof Soeharso mendirikan Rehabilitatie Centrum (RC) di Solo, Jawa Tengah. Pendirian RC saat itu didasari pemikiran untuk menyelenggarakan pelayanan rehabilitasi terpadu di bawah satu atap untuk menangani penderita cacat tubuh akibat perang. Dari pemikiran itu pulalah Sekolah perawat Fisioterapi yang pertama di Indonesia berdiri pada tahun 1964 yang di kemudian hari berubah enjadi Akademi Fisioterapi sebagai satu kesatuan dan pendukung dari kegiatan rehabilitasi medis terpadu.



1402393193996312468
Sumber: Prof Mantana (Mahidol Univ. Thailand) Memperagakan Terapi untuk Bahu Kaku (dok. F.R. Suwarti)


Hari ini ada belasan akademi fisioterapi di Indonesia yang melahirkan tenaga-tenaga fisioterapis dengan jenjang pendidikan berorientasi terapan yaitu D3 dan D4. Dalam rangka pengembangan ilmu fisioterapi itu sendiri, lima perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia kini sudah menyelenggarakan jenjang strata 1 atau S1 yaitu: Universitas Indonusa Esa Unggul (Jakarta), Universitas Hasanuddin (Makasar), Universitas Udayana (Denpasar) dan Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Malang. Satu-satunya jenjang paska sarjana (S2) fisioterapi sendiri saat ini baru diselenggarakan dalam suatu program kerjasama antara Universitas Indonusa Esa Unggul dan Universitas Udayana.


Demand yang tinggi

Permintaan akan tenaga medis fisioterapis di dunia saat ini sangat tinggi dan terkait dengan perkembangan gaya hidup masyarakat dunia dewasa ini, permintaan akan fisioterapis diperkirakan akan tetap tinggi sampai dengan dua atau tiga dekade ke depan.

Di Amerika Serikat misalnya, Bureau of Labour Statistics (BLS) memperkirakan kenaikan sebesar 36% antara 2017-2022 di negara tersebut yang berarti lebih cepat dari rata-rata kenaikan akan permintaan seluruh profesi di Amerika Serikat. Kanada juga memperkirakan bahwa mulai lima tahun ke depan kekurangan tenaga fisioterapis akan dialami negara tersebut. Penyakit-penyakit terkait dengan pola makan seperti diabetes, obesitas maupun yang terkait dengan penuaan merupakan beberapa faktor utama yang menyebabkan tingginya permintaan di negara-negara tersebut.

Bagaimana dengan kebutuhan fisioterapis di tanah air?

Dengan perbandingan ideal sebesar 1 fisioterapis per 1000 penduduk, maka Indonesia saat ini masih membutuhkan 14 ribu tenaga fisioterapis. Di satu sisi, dengan kapasitas pendidikan yang ada saat ini, yaitu 1000 fisioterapis baru per tahun maka jumlah itu baru akan tercapai dalam waktu 14 tahun ke depan (Kedaulatan Rakyat, 16/9/2017). Di sisi lain, di masa mendatang proporsi 1:1000 mungkin tidak akan lagi menjawab permasalahan yang ada mengingat masyarakat Indonesia pun mengalami evolusi dalam gaya hidup seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat. Dalam skenario yang terakhir, akan sangat mungkin bahwa kebutuhan akan fisioterapis di tanah air akan lebih besar dari yang diperkirakan saat ini.



Selamat Berjuang Fisioterapis Indonesia.!!

We Proud of You.!!


Demikianlah Artikel Peluang Kerja Fisioterapi

Sekian berita terbaru Peluang Kerja Fisioterapi, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan berita terbaru kali ini.

Anda sedang membaca artikel Peluang Kerja Fisioterapi dan artikel ini url permalinknya adalah http://semogasehatjiwaraga.blogspot.com/2017/01/peluang-kerja-fisioterapi.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Peluang Kerja Fisioterapi"

Posting Komentar